Perbedaan Regulator Balance dan Non-Balance, Piston dan Diaphragms
  Mohon Tunggu...

Kategori

Regulator...Balance?? Unbalanced??

Kalau anda baru belajar tentang Scuba Diving, kemungkinan besar, instruktur atau buku pelajaran awal anda akan menyebutkan sesuatu mengenai regulator Balanced dan Unbalanced.

Tentu saja..mendengar kata antara Balanced dan Unbalanced, anda akan berpikir bahwa regulator jaman sekarang sudah semua Balanced.

Tunggu dulu...disini kami mengupas tuntas apa saja perbedaan antara regulator Balanced dan Unbalanced dan tipe2 regulator yang ada di pasaran.

Regulator scuba diving secara umum dibawa 2 tipe kategori besar.
1. Regulator Piston
2. Regulator Diaphragms

Dari masing2 kategori itu, dibagi lagi menjadi 2 mekanisme dasar:
1. Regulator Balanced
2. Regulator Unbalanced atau Non-Balanced.

Jadi, sebuah regulator akan memiliki salah satu karakteristik sebagai berikut:
1. Regulator Piston Unbalanced
2. Regulator Piston Balanced
3. Regulator Diaphragms Unbalanced
4. Regulator Diaphragms Balanced

Regulator berdasarkan prinsip kerja:

1. Regulator Piston
seperti namanya, cara kerja regulator ini berdasarkan sebuah lempengan besi yang digerakkan oleh tekanan udara dan sebuah per kaku. Tekanan udara akan memberikan tekanan ke lempengan dan mengerakkan si per kaku ini. Mekanisme regulator piston telah dibuktikkan selama lebih dari 20 tahun. Regulator piston memiliki komponen yang lebih sederhana daripada regulator diaphgram. Karena alasan inilah, perawatan pada regulator piston lebih sederhana dan juga resiko kerusakkan diperkecil karena komponen lebih sedikit dan hampir semua komponen bergerak terbuat dari metal.

Regulator piston hingga tahun 2010 masih menjadi regulator no. 1 untuk kalangan pengguna yang ingin menjadi reliability no. 1 dalam sebuah regulator. Oleh karena itulah, regulator tipe ini banyak digunakan oleh dive center, rental, dive school dan resort.

2. Regulator Diaphragms
Regulator tipe ini adalah regulator dengan teknologi terkini dan selalu dikembangkan metode2 baru untuk membuatnya lebih ringan dan tahan lama.
Regulator tipe ini lebih muda umurnya dibandingkan regulator piston. Apabila anda melihat sebuah regulator yang dibandrol cukup mahal dan ada di halaman depan katalog sebuah merek alat scuba, kemungkinan besar regulator ini adalah regulator diaphgram.
Regulator diaphgram pada dasarnya bekerja dengan mengandalkan sebuah membran diaphgram sebagai salah salah komponen vitalnya. Banyak modifikasi pabrik yang bisa dikerjakan pada sebuah regulator diaphgram. Namun, prinsip kerjanya sama semua.

Regulator berdasarkan prinsip kerja 2:
Regulator unbalanced dan Regulator balanced
perbedaan antara regulator unbalanced (non balanced) dan balanced adalah effort (usaha) yang dikeluarkan untuk mengambil napas ketika kita di dalam sebuah kedalaman tertentu.
regulator non-balance memiliki perbedaan usaha napas ketika anda menyelam makin dalam. Ketika makin dalam, anda perlu usaha yang agak lebih keras untuk bernapas. Regulator tipe ini akan terasa lebih 'berat' ketika anda makin menyelam dalam. Dan juga, seiring dengan udara tabung yang menipis (berapapun kedalaman anda), maka regulator non balance juga akan terasa lebih berat.
Regulator balance menghindari semua ini. Regulator tipe ini akan memanjakan anda karena berapapun kedalaman, anda akan bernapas dengan cara dan usaha yang sama. Meskipun udara menipis pun, usaha yang dikeluarkan tetap sama.

Keuntungan dan Kekurangan:

1. Piston Unbalanced
Kelebihan:
- Mudah perawatan
- Kuat, bandel dan super awet
- Reliability no. 1
- Bukan hanya omongan marketing gimmick, regulator tipe ini sudah terbukti di pasaran lebih dari 10 tahun.
- Untuk penyelam SAR (Search and Recovery), regulator ini adalah sebuah keharusan karena ketika menyelam di sungai/kali yang sangat berlumpur atau zero visibility maka gauge tidak dapa dilihat. Satu2nya indikasi untuk penyelam SAR agar naik keatas adalah regulator yang terasa mulai berat.

Kekurangan:
- Apabila digunakan di kedalaman yang lebih dalam, akan terasa agak berat
- Apabila udara mulai menipis, akan terasa agak berat

Contoh: Scubapro MK2Plus, Cressi AC2, Mares Rover, Aqualung Calypso

2. Piston Balanced
Kelebihan:
- Mudah perawatan, bandel dan awet
- Sudah balanced

Kekurangan:
- Semakin jarang diproduksi karena biaya yang mahal untuk produksi. Hanya beberapa merek di dunia yang produksi tipe ini.

Contoh: Scubapro MK25, Cressi AC10

3. Diaphragms Unbalanced

Kekurangan: Sudah hampir tidak diproduksi tipe ini karena tidak memiliki kelebihan dan sudah tidak masuk akal untuk memproduksi regulator tipe ini.

Contoh: Penulis tidak dapat menemukan regulator ini dibawah tahun 2005.

4. Diaphragms Balanced

Kelebihan:
- Semua regulator terkini menggunakan sistem ini
- Tingkat kreatifitas desainer untuk menambahkan teknologi ke regulator tipe ini
- Hyperbalanced. Hampir semua tipe regulator yang diciptakan 2007 keatas sudah memiliki kriteria ini.

Kekurangan:
- Mahal..hehe
- Biaya servis lebih mahal karena lebih banyak komponen yang diganti
- Perawatan harus lebih apik/resik karena alasan pertama diatas :)

Contoh: Mares Abyss, Mares Proton, Scubapro MK17, Scubapro MK25, Cressi MC5, Cressi MC7, Cressi MC9